Bingung Dengan Cara Menata Dapur Minimalis? Yuk, Kita Ikuti Tips Ini

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis

Siapa bilang bahwa memasak itu adalah kegiatannya kaum perempuan…??? Buktinya, justru chef-chef ternama malah di dominasi oleh kaum pria lho. Ya, sebut saja beberapa diantaranya seperti chef Juna, chef Arnold, chef Rudi Khoerudin, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari hal itu, tentu kita tahu bahwa dapur menjadi salah satu area yang paling rawan terkena berbagai jenis noda dan kotoran. Hal itu bukan tanpa alasan, karena dapur merupakan area khusus untuk menunjang kegiatan masak memasak.

Selain pada faktor kebersihan, ternyata desain interior dapur juga memiliki peranan yang penting dalam menciptakan suasana nyaman memasak lho. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa tingkat kenyamanan pada ruang dapur itu dilihat dari seberapa luas ukurannya.

Padahal, dapur minimalis juga bisa dibuat lebih indah dan nyaman melalui cara penataan dekorasi yang tepat. Nah, buat kamu yang masih bingung dengan cara menata dapur minimalis, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Menata Dekorasi Dapur Minimalis

1. Tentukan Desain Dekorasi Bentuk Dapur

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur

Saat hendak mulai mendekorasi dapur minimalis, kamu bisa mengawalinya dengan penataan dan dekorasi yang tepat. Ya, pertimbangkanlah dekorasi dapur yang berbentuk huruf “L”. Umumnya desain tersebut terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku.

Tentu saja desainnya dapat memudahkanmu dalam memobilisasi kegiatan di dapur, serta dapat digunakan oleh lebih dari satu orang lho. Gunda mendapatkan fleksibilitas dalam aktivitas memasak yang maksimal dan menyenangkan, maka penataan ruang dapur berbentuk L ini harus tepat.

Adapun mengenai fungsi dari desain dapur berbentuk huruf L seperti berikut :

  • Pada desain dapur minimalis, di bagian kanan sisinya terdapat sink dan mesin cuci piring sebagai clean-up station
  • Sedangkan pada sisi kiri digunakan untuk penempatan kompor, atau oven sehingga akan membuat zona dapur semakin memukau
  • Berbeda dengan area kitchen island (meja konter) yang bisa digunakan untuk menyimpan tempat minuman atau jamuan makan kasual.

2. Pilih Furniture yang Berukuran Kecil

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - gunakan furniture ukuran kecil

Pada konsep dapur minimalis, tentu saja penggunaan furniture yang berukuran besar bukanlah pilihan bijak. Maka dari itu, kamu harus memilih furniture yang juga berukuran kecil, seperti kursi dan meja yang materialnya tidak berat.

Apabila menggunakan perabotan yang berukuran besar, secara otomatis akan memakan banyak kapasitas ruang sehingga dapurmu menjadi lebih sumpek dan pengap. Pastinya kondisi tersebut dapat menghambat aktivitasmu di dapur.

Tak hanya itu, disarankan juga untuk menggunakan perabotan kitchen set yang berbahan stainless steel. Pasalnya, perabotan yang berbahan stainless steel ini bersifat netral, awet, dan tahan lama. Atau, kamu dapat menggunakan kabinet yang materialnya terbuat dari bahan kayu.

Dengan menggunakan kabinet yang berbahan kayu ini, maka jangan heran jika kamu akan semakin betah untuk berlama-lama di area dapur.

Artikel populer lainnya : 8 Inspirasi Dekorasi Taman Rumah

3. Membuat Kohesi Untuk Desain Dapur Minimalis

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - memberikan kohesi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tumpukan barang seperti piring dapat membuat desain dapur minimalis tampak terlihat penuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba untuk memberikan warna cat dinding seperti putih. 

Mengapa harus cat berwarna putih putih…???

Hal itu bukan tanpa alasan, karena cat dinding warna putih ini dapat memberikan efek atau ilusi yang membuat area dapur minimalis tampak lebih luas.

4. Membuat List (Daftar) Peralatan yang Dibutuhkan

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - membuat daftar kebutuhan peralatan

Perihal urusan memasak, sudah pasti tidak bisa lepas dari peran peralatan memasak yang digunakan. Pada dapur minimalis, maka kamu harus mengutamakan peralatan memasak, mulai dari yang sering digunakan hingga yang jarang digunakan.

Contohnya seperti garpu, sendok, pisau, spatula, piring, gelas, dan lain sebagainya. Khusus untuk pisau, yang mana ia terdiri dari beberapa jenis berbeda. Tentu saja masing-masing jenis pisau tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Oleh karena itu, kamu juga harus menggunakan tempat penyimpanan pisau yang sesuai dengan jenisnya, mulai dari pisau yang berukuran besar hingga yang kecil.

Dikarenakan konsepnya adalah dapur minimalis, lebih baik kamu memilih kabinet yang mudah diletakkan pada kitchen island atau pada meja konter. Pasalnya, kedua elemen tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan masak memasak di dapur.

Baca juga : Berbagai Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Wajib Dicoba

5. Hadirkan Sentuhan Alami

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - hadirkan sentuhan alami

Apakah kamu sudah merasa bosan dengan desain dapur minimalis yang begitu-begitu saja..? Jika iya, maka sudah saatnya untuk memberikan sentuhan nuansa alami pada area dapur.

Dalam menghadirkan nuansa alami tersebut, kamu bisa membuat kitchen plants dengan menempatkan berbagai tanaman herbal, seperti lavender, parsley, oregano, dan lain sebagainya. Hasilnya, ruang dapurmu akan tempak lebih sejuk dan asri.

Selain berfungsi untuk mempercantik tampilan dapur, keberadaan tanaman hias tersebut juga berperan untuk mengusir zat polutan untuk digantikan dengan udara yang baru. Alhasil, ruang dapurmu akan senantiasa segar lho.

6. Gunakan Perabotan yang Mengkilap

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - gunakan perabotan yang mengkilap

Biasanya perabotan yang mengkilap itu terbuat dari bahan kaca. Selain kaca, kamu juga bisa menggunakan perabotan berbahan keramik untuk lantai dan backsplash yang dekat wastafel, atau peralatan elektronik yang berbahan stainless steel.

7. Perhatikan Pencahayaan

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - perhatikan pencahayaan

Satu elemen penting lagi yang jangan sampai kamu lupakan dalam mendekorasi dapur minimalis, yakni berupa pencahayaan. Dalam hal ini, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memasang chandeller di area dapur.

Pada intinya, kamu hanya memerlukan lampu gantung di langit-langit yang sederhana, namun dengan watt yang cukup terang. Hasilnya, pencahayaan yang tepat tentunya akan menunjang kegiatan memasak di dapur secara maksimal.

8. Jenis Lantai yang Digunakan

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - gunakan lantai vinyl

Tak hanya dapat memberikan kenyamanan, penggunaan jenis material lantai yang tepat juga tentunya akan mempercantik tampilan area dapurmu. Nah, untuk kamu yang ingin desain dapurnya tampil dengan nuansa berbeda, maka penggunaan lantai vinyl dan laminate merupakan pilihan paling tepat.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai vinyl dan lantai laminated dapat menghadirkan nuansa elegan, mewah, dan natural pada area dapur. Menariknya lagi, kedua jenis parket sintetis tersebut juga tahan terhadap kelembapan tinggi sehingga membuatnya cocok diaplikasikan pada area dapur.

Bukan hanya itu, bahkan baik lantai vinyl dan laminate sudah terbukti tahan terhadap air serta serangan hama rayap.

Produk Terkait : Mengenal Lantai Vinyl Motif Kayu

9. Pilihlah Rak yang Terbuka

Cara Menata Dekorasi Dapur Minimalis - tentukan desain dapur - gunakan rak yang terbuka

Untuk dekorasi dapur minimalis, kamu juga bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang dapat menyimpan berbagai peralatan dapur. Menariknya lagi, penggunaan rak terbuka tersebut juga dapat memberikan ilusi ruangan yang tampak lebih lega lho.  

Nah, seperti itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menata dapur minimalis, sehingga bisa kamu langsung praktekkan sendiri dirumah!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *