Tips Simple Dekorasi Kamar Pria Agar Lebih Maskulin dan Berkarakter

Antara pria dengan wanita itu tentunya memiliki perbedaan dalam berbagai hal. Ya, salah satunya dalam urusan dekorasi kamar tidur, dimana dekorasi kamar pria dan wanita memiliki perbedaan yang cukup menonjol.

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria

Pada umumnya, dekorasi kamar tidur wanita itu selalu mengedepankan nilai estetika dan aksesorisnya yang imut. Lain halnya dengan dekorasi kamar pria yang cenderung simple, namun masih tetap memiliki nilai estetika.

Bukan hanya itu, biasanya dekorasi kamar tidur pria cenderung terfokuskan pada sisi fungsional agar terkesan lega atau kosong. Kendati demikian, kita juga dapat membuat dekorasi kamar yang simple namun masih tetap memiliki nilai estetika serta tingkat kenyamanan yang maksimal. Lantas, bagaimana caranya..???

Nah, bagi kamu yang ingin tahu tentang cara membuat dekorasi kamar tidur untuk kamar pria, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Menata Dekorasi Kamar Pria Minimalis

1. Gunakan Warna yang Netral

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - gunakan warna yang netral

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kamar para pria itu selalu identik dengan warna-warna yang netral. Pemilihan warna netral tersebut bisa kamu aplikasikan pada berbagai perlengkapan tidur seperti sprei, selimut, bantal, dan lain sebagainya.

Apabila terlalu banyak warna mencolok dan motif yang nyentrik, justru hal tersebut akan menghilangkan konsep minimalis. Adapun mengenai berbagai jenis warna netral yang bisa kamu pilih seperti krem, putih, abu-abu, dan hitam.

Ketika skema warna secara keseluruhan kamar minimalis telah terbentuk, bahkan sedikit percikan warna lain pun akan berpengaruh terhadap nuansa kamarnya.

Seandainya ingin menggunakan warna-warna yang cerah, kamu bisa mengaplikasikan warna tersebut pada karpet atau selimut untuk menghidupkan suasana tanpa mengurangi kesan minimalisnya.

2. Hadirkan Gaya Skandinavian Dengan Property Berbahan Kayu

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - hadirkan gaya skandinavian

Adakalanya kita merasa bosan dengan desain kamar tidur yang begitu-begitu saja. Maka dari itu, sudah saatnya untuk menerapkan gaya skandinavian pada kamar tidurmu. Lantas, apa yang dimaksud dengan gaya skandinavian…???

Untuk menghadirkan nuansa skandinavian pada kamar tidur, tentu saja kamu harus menggunakan property atau furniture yang berbahan kayu. Akan tetapi, kamu juga harus memastikan warna cat dindingnya sudah serasi dengan warna furniture kayu tersebut.

Adapun mengenai beragam property berbahan kayu yang dapat kamu gunakan, seperti meja, kursi, rangka tempat tidur, hingga lantai kayu parket.

Artikel Terkait Mengenal Jenis-jenis Produk Lantai Kayu

3. Memberi Sentuhan Alami

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - hadirkan sentuhan alami

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa memelihara tanaman hias indoor itu sedang menjadi tren dikalangan masyarakat. Selain dapat mempercantik ruangan, keberadaan tanaman hias tersebut juga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Akan tetapi, posisi tanaman juga harus tergantung pada penempatan jendela. Jika kondisi jendelanya tidak memungkinan, kamu pun bisa memilih jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak paparan sinar matahari.

Agar tidak terlalu memakan banyak kapasitas ruang, sebaiknya kamu tidak memilih jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan ukuran besar. Adapun jenis tanaman hias seperti yang cocok untuk ditempatkan pada kamar tidur minimalis, seperti lidah mertua, lidah buaya, kaktus, spider plant, dan sebagainya. 

4. Utamakan Barang-barang yang Sering Dipakai

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - utamakan barang-barang yang sering dipakai

Apakah ukuran kamar tidurmu itu tidak terlalu besar..?? Jika iya, maka kamu harus lebih jeli lagi dalam memanfaatkan ruang kamar yang ada. Dengan kata lain, kamu harus memastikan bahwa semua barang-barang yang ada di dalam kamar itu sering digunakan.

Pada intinya, coba singkirkan dulu barang-barang yang jarang digunakan atau yang kurang penting. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan barang-barang tersebut pastinya akan memakan banyak kapasitas ruang yang justru bisa membuat kamar tampak terlihat sumpek lho!

5. Pemilihan Aksesoris

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - pemilihan aksesoris

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa dekorasi kamar tidur pria itu selalu mengedepankan konsep simple. Meski demikian, bukan berarti juga bahwa kita tidak boleh mengaplikasikan berbagai jenis aksesoris pada kamar tidur.

6. Gunakan Tempat Tidur yang Tanpa Bingkai

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - gunakan tempat tidur tanpa bingkai

Pada dasarnya, sebuah tempat tidur sederhana itu akan sangat membantu dalam menonjolkan kesan minimalis pada kamar. Terdapat beberapa pilihan tempat tidur yang direkomendasikan, seperti tempat tidur yang terbuat dari bahan logam atau kayu.

Selain itu, tempat tidur juga bisa menjadi titik fokus terbesar dala kamar. Saat dibuat dengan desain konsep minimalis, kamu pun tidak perlu lagi menambahkan ukiran pada headboard tempat tidurnya.

Artikel Populer Lainnya : Begini Cara Memilih Jenis Genteng yang Sesuai Dengan Hunian

7. Optimalkan Pencahayaan Alami

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - mengoptimalkan pencahayaan alami

Semakin sedikit furniture dan perlengkapan yang ada di kamar tidur, maka akan semakin penting juga untuk mengatur pencahayaan alami. Maka dari itu, optimalkanlah pencahayaan alami dengan semaksimal mungkin untuk membantu mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Dismping itu, jangan lupa juga soal pencahayaan buatan yang berasal dari lampu untuk digunakan pada malam hari. Agar tidak terlalu memakan banyak daya listrik, sebaiknya kamu menggunakan dimmer yang berupa alat peredup dan penerang lampu.

Baca juga : Cara Menata Dapur Minimalis

8. Pertimbangkan Jenis-jenis Lampu

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - pertimbangkan jenis lampu

Pencahayaan buatan memang memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan tingkat kenyamanan dan keindahan pada kamar minimalis. Adapun mengenai dua hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jenis lampu seperti berikut :

Tingkat Kecerahan

Ketika akan menentukan cahaya dalam kamar minimalis, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan jenis lampu yang hendak digunakan. Apabila bergantung pada intensitas pencahayaan bohlam dan warna yang dipancarkannya, tentu bohlam tersebut berpotensi akan mempengaruhi secara positif maupun negatif suasana dalam aktivitas tertentu.

Maka dari itu, kamu harus menyesuaikan tingkat keterangan lampu berdasarkan jenis suasana yang diinginkan untuk kamar tidur.

Warna

Untuk urusan warna, disarankan bagi kamu menggunakan lampu yang cahayanya berwarna putih dan biru. Sebab lampu yang berwarna putih dan biru sudah terbukti dapat menciptakan ilusi, sehingga kamar tidur tampak terlihat luas lho.

Tak hanya itu, bahkan kedua warna lampu tersebut juga sangat ideal dalam menunjang kegiatan yang memerlukan fokus seperti belajar dan bekerja.

Untuk menghadirkan nuansa hangat, maka kamu bisa menggunakan lampu bohlam yang berwarna orange dan kuning.

Dengan begitu, lampu berwarna kuning dan orange tersebut sangat ideal digunakan untuk kegiatan menonton tv, membaca, dan kegiatan santai lainnya.

9. Rutin Menjaga Kebersihan dan Kerapihan Kamar

Tips Dekorasi Kamar Tidur Pria - rutin menjaga kebersihan dan kerapihan kamar

Ini dia salah satu poin penting yang jangan sampai terlewatkan. Ya, Sebagus apapun dekorasi yang kamu buat, maka hasilnya akan percuma jika kondisi kamarmu selalu dalam keadaan kotor dan berantakan.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan kamar. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu harus membersihkan kamar tidur secara rutin dalam seminggu sekali, atau minimalnya 2 minggu sekali.

Sementara untuk tingkat kerapihannya harus dilakukan setiap kondisi kamar mulai terlihat berantakan.

Nah, itulah beberapa tips simple dalam mendekorasi kamar tidur pria yang mungkin saja kamu tertarik untuk mencobanya..???

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *