Ide Dekorasi Resepsi Pernikahan yang Unik dan Kreatif di Halaman Rumah

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah

Pada dasarnya, sebuah resepsi pernikahan itu tidak harus selalu digelar di gedung mewah. Kamu pun bisa menggelarnya di halaman rumah, dengan catatan dekorasi resepsi pernikahan tersebut harus dirancang sebaik mungkin. Apabila ukuran halaman rumahmu terbilang cukup luas, pastinya kamu bisa menggelar acara resepsi pernikahan tanpa harus menyewa gedung.

Tentu saja hal tersebut akan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat, sehingga sisa uangnya bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan yang lebih penting. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa ide dekorasi resepsi pernikahan yang kreatif dan unik.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

7 Ide Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah

1. Menggunakan Papan Tulis Kapur Sebagai Wedding Sign

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - menggunakan papan kapur sebagai informasi

Siapa sih diantara kita yang tidak tahu dengan benda yang satu ini…?? Ya, tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan papan tulis kapur tersebut. Meski terlihat sederhana, ternyata penggunaan papan tulis kapur untuk dekorasi resepsi pernikahan ini bisa menghadirkan nilai seni cukup tinggi lho.

Agar tampilannya lebih sempurna, kamu bisa menambahkan frame foto klasik sebagai bingkai pada papan tulis kapur. Setelah itu bingkainya diberi cat dengan warna yang sesuai konsep dekorasi pernikahan.

Untuk bagian atasnya, kamu bisa menuliskan nama pengantin kemudian tempakan di ara depan pintu untuk menyambut para tamu undangan. Tak hanya itu, papan kapur tulis ini juga bisa kamu gunakan sebagai petunjuk arah alamat maupun list menu kulinernya.

Artikel menarik lainnya : Ide Motif Lantai Kayu Untuk Rumah

2. Gunakan Tangga Kayu Sebagai Photobooth

Photobooth dengan backdrop printing memang sudah sering digunakan pada acara resepsi pernikahan. Maka dari itu, kamu harus membuat yang lebih baru dengan memanfaatkan tangga berbahan kayu sebagai pengganti tiangnya.

Akan tetapi, tangga kayu ini jangan sampai dibiarkan dalam kondisi polos. Sebaiknya kamu memberi hiasan pada pijakan tangga kayu dengan menggunakan wadah gelas kaca, atau menggunakan tanaman yang merambat maupun sukulen.

Berkat sentuhan hiasan tersebut, maka para tamu undangan tidak akan menyadari bahwa tiang photobooth yang kamu gunakan itu adalah tangga kayu lho. Bahkan yang lebih menariknya lagi, tangga kayu ini dapat menyatu sempurna pada lanskap outdoor.

3. Hadirkan Nuansa Romantis Dengan Menggunakan Lampu dan Lilin

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - menggunakan lilin dan lampu agar romantis

Apabila resepsi pernikahannya akan digelar pada malam hari, tentu saja harus ada pencahayaan tambahan agar tidak mengganggu aktivitas. Maka dari itu, penggunaan lilin dan lampu merupakan pilihan yang paling tepat.

Dalam hal ini, kamu bisa menambahkan lampu dan lilin sebagai dekorasi resepsi pernikahan agar terkesan lebih romantis dan hangat. Khusus untuk lilin, sebaiknya kamu tempatkan pada setiap meja makan, sedangkan lampunya bisa kamu gantung pada pohon-pohon yang ada.

Dengan begitu, maka jangan heran jika semua tamu undangan akan terbawa hanyut kedalam suasana romantis.

Baca juga : Tips Agar Rumah Terbebas Dari Debu

4. Hiasi Perabotan Dengan Rangkaian Bunga

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - menghiasi perabotan dengan rangkaian bunga

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa dekorasi pernikahan itu selalu identik dengan rangkaian-rangkaian bunga yang terpampang pada setiap sudut ruangan. Begitu pun saat kamu ingin memperindah halaman rumah sebagai tempat resepsi pernikahan.

Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan menghiasi tenda semi terbuka menggunakan pot bunga yang digantung pada langit-langit, atau menjadi hiasan meja dan kursi unuk bunga-bunga yang berukuran kecil.

Berkat keindahan warna warni pada bunga-bungaan tersebut, tentu saja dekorasi resepsi pernikahan di halaman rumahmu itu tidak akan kalah cantiknya dengan dekorasi pernikahan di gedung.

5. Memajang Foto-foto Prewedding

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - memajang foto prewedding

Mengingat acaranya adalah resepsi pernikahan, tentu saja pada setiap sudut ruangannya harus ada foto kamu dan pasanganmu. Dengan begitu, kamu bisa memperlihatkan keseruan dan keromantisan foto-foto prewedding  pada para tamu undangan.

Untuk alternatifnya, kamu juga dapat memajang foto prewedding tersebut di area photobooth. Alhasil, semua momenmu bersama pasanganmu akan selalu ada pada setiap foto yang diambil oleh para tamu undangan.

Tak hanya foto prewedding, kamu juga dapat melibatkan foto-foto lama agar bisa mengisahkan tentang perjalanan cintamu bersama si dia.

Artikel populer lainnya : 8 Inspirasi Dekorasi Taman Rumah yang Sejuk

6. Menghiasi Meja dan Kursi Menggunakan Pita Atau Kain

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - menghiasi meja dan kursi menggunakan pita atau kain

Ide dekorasi resepsi pernikahan berikutnya yang harus kamu pertimbangkan, yakni menghiasi area meja dan kursi menggunakan pita atau kain. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan kursi dan meja jenis apapun. Setelah itu, silahkan hiasi menggunakan pita dan kain agar tampilannya lebih indah.

Seandainya halaman rumahmu itu tidak terlalu besar dan tida ada tempat untuk menyediakan kursi dan meja, maka kamu bisa menghias meja tempat menaruh makann serta minuman.

7. Menggunakan Alas Rumput Sintetis

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - menghiasi meja dan kursi menggunakan alas rumput sintetis

Apakah kamu ingin membuat dekorasi resepsi pernikahan yang bertema garden party..?? Jika iya, maka penggunaan rumput intetis sebagai alas halaman ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Dengan menggunakan rumput sintetis tersebut, pastinya tidak akan merusak halaman rumahmu yang sebenarnya.

Bahkan rumput sintetis ini tak hanya digunakan pada acara resepsi pernikahan saja, melainkan juga untuk selamanya. Dengan begitu, maka tampilan halaman rumahmu akan tampak lebih baru lagi dari sebelumnya.

Baca juga : Perbandingan Lantai Kayu Dengan Lantai Karpet

8. Memanfaatkan Pintu yang Sudah Rusak Untuk Foto Spot

 Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah -Memanfaatkan Pintu yang Sudah Rusak Untuk Foto Spot

Apabila dirumahmu itu terdapat pintu yang sudah rusak dan tidak terpakai, maka jangan dibuang dulu ya! Pasalnya, kamu bisa memanaatkan pintu rusak tersebut sebagai spot foto pada dekorasi resepsi pernikahan di area halaman rumah.

Namun, pintu yang sudah rusak ini juga jangan sampai kamu biarkan begitu saja. Dengan kata lain, berikan sentuhan dekoratif yang unik tampilannya semakin menarik. Hasilnya, maka pemanfaatan pintu rusak ini akan menambahkan nilai estetik pada dekorasi resepsi pernikahanmu lho.

9. Menggunakan Kain Renda Sebagai Atap Tenda Semi Terbuka

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - gunakan kain renda sebagai atap tenda

Ini dia salah satu elemen paling penting dalam menentukan tingkat keindahan pada dekorasi pernikahan di rumah. Oleh karena itu, kamu jangan sampai asal-asalan saat memilih kain renda tersebut. Disarankan bagi kamu untuk memilih bahan kain renda yang cocok dengan tema resepsi pernikahan.

Jika sudah menemukan bahan yang cocok, kamu pun bisa menggunakannya sebagai hiasan pada pelaminan ataupun dijadikan tenda semi terbuka. Apabila halaman rumahmu itu cukup luas, kamu dapat mengkreasikan atap tenda dengan kain panjang yang polos.

10. Gunakan Palet Kayu Sebagai Papan Acara dan Menu

Dekorasi Resepsi Pernikahan di Halaman Rumah - gunakan palet kayu sebagai informasi

Selain menggunakan papan kapur, kamu juga bisa menggunakan palet kayu sebagai papan acara maupun menu makanan. Tak hanya berfungsi sebagai pemberi informasi, keberadaan papan palet tersebut juga bisa menjadi tambahan dekorasi resepsi pernikahan lho.

Berkat kehadiran palet kayu ini, tentu saja suasana di resepsi pernikahanmu itu akan tampak berbeda dari biasanya.

Itulah beberapa ide dekorasi resepsi pernikahan di rumah, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *