Inspirasi Desain Rumah Jawa Modern yang Wajib Kamu Coba

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa setiap daerah di Indonesia itu memiliki adat dan budaya tersendiri. Begitu pun dalam urusan konstruksi, yang mana pada setiap daerahnya memiliki bangunan dengan ciri khas tersendiri. Ya, salah satu bangunan rumah khas Jawa.

Rumah adat Jawa atau yang lebih populer dengan nama Joglo memang selalu menarik untuk dibahas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena rumah joglo tampil dengan desain atap yang menyerupai bangunan trapezium sehingga menjadi ciri khasnya.

inspirasi desain rumah jawa modern

Pada umumnya, atap rumah joglo mengusung warna kecokelatan yang ditopang oleh tiang penyangga (soko). Bukan hanya itu, rumah khas Jawa juga kerap didominasi oleh ornamen-ornamen berbahan kayu.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini rumah joglo pun dapat dipadukan dengan nuansa yang lebih modern.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas beberapa inspirasi desain rumah Jawa modern. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

9 Inspirasi Desain Rumah Jawa Modern

1. Desain Rumah Jawa Limasan

desain rumah jawa limasan

Desain rumah Jawa modern pertama yang akan dibahas, yakni bernama Rumah Jawa Limasan. Menurut informasi yang didapat, Rumah Jawa Limasan ini berasal dari daerah Jawa Tengah yang atapnya tampil dengan bentuk persegi panjang.

Biasanya Rumah Jawa Limasan ini sangat cocok diaplikasikan untuk hunian satu lantai dengan bagian carport yang cukup besar. Meski terlihat sederhana, namun desain Rumah Jawa Limasan ini memiliki nilai estetika yang cukup tinggi lho.

Tak hanya pintu gebyok, kamu juga bisa menambahkan detail dekorasi yang berwarna kecoklatan pada bagian muka rumahnya.

2. Desain Rumah Jawa Dengan Paviliun

desain rumah jawa dengan paviliun

Dengan kehadiran kolam ikan tersebut, tentu saja akan tercipta yang lebih nyaman dan asri. Apalagi jika pada bagian pinggiran kolam ikan tersebut diberi deck wood (lantai kayu outdoor), sehingga tampilannya menjadi lebih natural dan elegan.

Baca juga : Jenis Decking Terbaik Untuk Tepian Kolam

3. Desain Rumah Jawa Modern Minimalis

Desain Rumah Jawa Modern Minimalis

Apabila kamu masih belum menemukan perpaduan yang cocok antara hunian minimalis dengan aksen atap rumah joglo, maka kamu bisa mencoba desain rumah Jawa modern minimalis. Untuk mempertegas kesan minimalis, sebaiknya area depan rumah jangan terlalu banyak ornament.

Selain itu, pastikan juga cat dindingnya menggunakan warna-warna yang netral seperti putih, abu-abu, cream, dan sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena warna-warna netral tersebut dapat mempertegas kesan minimalis sehingga sesuai dengan tema rumahnya.

Kendati demikian, kamu juga dapat memadukan dua warna cat dinding agar tampak lebih bervariasi. Namun, perpaduan warna cat dindingnya jangan sampai terlalu kontras atau bertabrakan.

4. Desain Rumah Jawa Dengan Ruang Terbuka

Desain Rumah Jawa Dengan Ruang Terbuka

Dalam menghadirkan nuansa Jawa klasik dengan modern, maka kamu bisa membuat desain rumah Jawa sederhana dengan ruag terbuka alias tanpa sekat. Tak hanya dapat meningkatkan nilai estetika, konsep ruang terbuka juga dapat membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik lho.

Bukan hanya itu, konsep ruang terbuka juga pastinya akan membuat rumahmu tampak lebih luas dan lega. Agar tampilannya semakin sempurna, kamu bisa menambahkan hiasan taman vertikal di bagian sudut ruangan maupun teras yang cukup luas di area belakang rumah.

Baca juga : Berbagai Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Wajib Dicoba

5. Desain Rumah Jawa Modern Dengan Atap Gading

Desain Rumah Jawa Modern Dengan Atap Gading

Indah, elegan, dan kekinian, itulah kesan-kesan yang terdapat pada desain rumah Jawa modern dengan atap gading. Pada umumnya, ciri khas dari model atap gading ini cenderung menjuntai dengan ornamen pada bagian ujung sehingga dapat mempertegas nuansa klasik dan elegan.

Untuk mempertegas nuansa Jawa klasik, disini kamu bisa menggunakan jenis pintu gebyok yang memang menjadi ciri khas dari bangunan-bangunan Jawa.

6. Perpaduan Desain Rumah Panggung dan Modern

Perpaduan Desain Rumah Panggung dan Modern

Desain rumah yang berikutnya ini merupakan perpaduan antara dekorasi rumah adat khas Sumatera dengan Jawa. Ya, disini kamu bisa membuat rumah berbentuk panggung dengan atap joglo sehingga tampilannya tampak lebih artistik.

Untuk membuat perpaduan desain rumah ini tidak harus selalu menggunakan material kayu. Itu artinya, kamu juga bisa menggabungkannya dengan material lain seperti beton atau batu alam pada desain luar pondasinya. Dengan begitu, maka tampilan rumahnya akan tampak lebih asri, alami, dan elegan.

Artikel Menarik Lainnya: Cara Memilih Jenis Genteng yang Sesuai Hunian

7. Desain Rumah Jawa Modern Sederhana Dengan Taman Luas

Desain Rumah Jawa Modern Sederhana Dengan Taman Luas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kesederhanaan selalu melekat pada orang-orang Jawa. Itu sebabnya mengapa sebagian besar desain rumah yang ada di daerah Jawa selalu mengedepankan nilai kesederhanaan.

Dalam hal ini, kamu dapat mewujudkannya dalam bentuk dekorasi taman di bagian depan rumah yang cukup luas. Lantas, bagaimana dengan mereka yang lahan tanahnya tidak terlalu luas..???

Apabila luas lahan tanah rumahmu itu tidak terlalu luas, maka kamu bisa mensiasatinya dengan desain taman yang mengitari keseluruhan rumah. Alhasil, hal tersebut dapat menambahkan kesan alami dan asri pada hunian rumahmu.

8. Desain Rumah Dengan Aksen Ornamen Jawa

Desain Rumah Dengan Aksen Ornamen Jawa

Jika kamu tidak terlalu suka dengan desain atap yang berbentuk trapesium, maka kamu bisa bermain dengan ornamennya. Rumah Jawa modern simple masih tetap terlihat klasik dengan penggunaan ornamen khas Jawa pada dekorasi exterior.

Sebagai contohnya, kamu harus mempertahankan desain dinding batu bata tanpa finishing cat, lampu luar yang berbentuk kejawen atau ukiran-ukiran pada pagar. Dengan begitu, maka tampilan rumahnya tampak lebih modern dan masih terlihat klasik.

9. Desain Rumah Jawa Modern Dengan Hiasan Kolam Ikan

Desain Rumah Jawa Modern Dengan Hiasan Kolam Ikan

Untuk mendapatkan desain rumah khas Jawa yang satu ini, tentunya kamu harus mempertahankan tiang-tiang yang menjadi karakter pada rumah Jawa. Tiang penyangga atau soko ini bisa kamu aplikasikan pada bagian teras depan rumah.

Agar tampilannya tidak terkesan kaku dan monoton, kamu bisa menambahkan dekorasi kolam ikan pada bagian sisi luar teras sehingga tampilannya tampak lebih cantik dan natural. Bagaimana,tertarik untuk mencoba desain rumah yang satu ini…???

Nah, itulah beberapa desain rumah Jawa modern sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun atau merenovasi rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *