Mengenal Jenis-jenis Produk Lantai Kayu

Lantai kayu atau yang biasa disebut dengan istilah parket, merupakan salah satu jenis material lantai terbaik yang dapat diaplikasikan pada hampir semua area. Bukan hanya itu saja, bahkan lantai kayu juga memiliki nilai etstetika yang lebih tinggi dibanding dengan jenis material lantai lainnya.

Tak hanya dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian, penggunaan lantai kayu juga diklaim memiliki dampak yang bagus untu kesehatan tubuh si penghuninya lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika penggunaan lantai kayu semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen.

Akan tetapi, produk lantai kayu itu sendiri akan dibedakan lagi yang berdasarkan penempatannya. Selain dari segi penempatan, bahkan lantai kayu juga akan dibedakan lagi yang berdasarkan materialnya. Ya, ada tipe lantai kayu solid (kayu asli) dan tipe lantai kayu sintetis.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis produk lantai kayu, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Produk Lantai Kayu Solid Untuk Area Indoor

1. Lantai Kayu Jati

Produk Lantai Kayu Solid Untuk Area Indoor - lantai kayu jati

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kayu jati..??? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan jenis kayu yang satu ini. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kualitas kayu jati memang yang terbaik diantara jenis kayu lainnya.

Itu sebabnya, mengapa semua furniture yang terbuat dari bahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga mahal. Meski mahal, namun hal tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Ya, begitu pun dengan produk lantai kayu jati.

Akan tetapi, produk lantai kayu jati ini akan dibedakan lagi yang berdasarkan kelasnya, yakni grade A, grade B, dan grade C. Secara otomatis, kualitas yang dimiliki pada masing-masing grade jati tersebut akan berbeda, begitu juga dengan harga yang ditawarkannya. 

2. Lantai Kayu Merbau

Produk Lantai Kayu Solid Untuk Area Indoor - lantai kayu merbau

Dari segi kualitas, mungkin Lantai Kayu Merbau ini masih kalah dari lantai kayu jati untuk yang grade A dan grade B. Dengan kata lain, kualitas  pada Lantai Kayu Merbau ini hanya sebanding dengan lantai kayu jati grade C.

Dari segi harga, tentu saja Lantai Kayu Merbau lebih murah dibanding lantai kayu jati. Sehingga tak heran, jika Lantai Kayu Merbau selalu dijadikan alternatif sebagai pengganti lantai kayu jati. Mengenai spesifikasinya, kayu merbau ini tergolong jenis lantai kayu yang cukup keras dan kuat.

Itu sebabnya, mengapa Lantai Kayu Merbau tidak mudah mengalami korosi. Tak Cuma itu, bahkan Lantai Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap rayap dan perubahan cuaca. Beralih ke tampilannya, yang mana Lantai Kayu Merbau ini mengusung warna merah kecokelatan dengan pola serat lurus.

3. Lantai Kayu Sonokeling

lantai kayu solid untuk area indoor - lantai kayu sonokeling

Berbicara soal produk lantai kayu yang nyentrik dan unik, maka Lantai Kayu Sonokeling ini adalah jawabannya. Bagaimana tidak? sebab jenis lantai kayu yang satu ini tampil dengan perpaduan warna hita dan cokelat, sehingga terciptalah nuansa belang-belang yang begitu sedap dipandang mata.

Produk Lantai Kayu Solid Untuk Area Outdoor

1. Decking Kayu Merbau

lantai kayu solid untuk area outdoor - decking merbau

Selain untuk kebutuhan indoor, ternyata kayu merbau juga sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk produk lantai kayu outdoor (decking). Ya, terang saja demikian, sebab jenis kayu yang satu ini sudah terbukti tahan terhadap air dan perubahan cuaca.

Mengenai tampilannya, decking kayu merbau ini mengusung warna merah kecokelatan yang memiliki pola serat lurus. Dengan demikian, maka tak heran jika penggunaan Decking Kayu Merbau ini akan menghadirkan kesan elegan, mewah dan natural. Untuk tingkat kekuatan dan kekerasannya, kayu khas Papua ini termasuk ke dalam kelas I dan kelas II.

Decking Kayu Merbau juga sering diaplikasikan pada area outdoor, seperti tepian kolam renang, rooftop, halaman, taman dan sebagainya.

Namun, Decking Kayu Merbau pada umumnya akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga permukaan lantainya menjadi lengket. Meski demikian, getah tersebut biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu saja, atau paling lamanya sekitar 2 bulan.

2. Decking Kayu Ulin

lantai kayu solid untuk area outdoor - decking ulin

Selain Decking Kayu Merbau, Decking Kayu ulin juga merupakan salah satu jenis lantai kayu tahan air yang juga sering diaplikasikan pada area outdoor. Menariknya lagi, Decking Kayu Ulin juga memiliki tekstur yang kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset lho.

3. Decking Kayu Bengkirai

lantai kayu solid untuk area outdoor - decking bengkirai

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara tampilan Decking Kayu Bengkirai dengan decking kayu ulin. Pasalnya, kedua jenis decking kayu tersebut sama-sama mengusung warna kuning. Bahkan tingkat kekerasan pada Decking Kayu Bengkirai ini juga hampir sama dengan decking ulin lho.

Karena hal tersebutlah yang membuat Decking Kayu Bengkirai sangat ideal diaplikasikan pada area-area yang basah seperti kamar mandi maupun tepian kolam renang.

4. Decking Kayu Keruing

lantai kayu solid untuk area outdoor - decking keruing

Untuk tampilannya, Decking Kayu keruing ini memang cukup berbeda dengan ketiga jenis decking diatas tadi. Bagaimana tidak? sebab yang mana Decking Kayu Keruing tampil dengan warna cokelat agak cokelat kekuningan.

Soal spesifikasinya, Decking Kayu Keruing memiliki kemampuan yang tahan terhadap air sehingga sangat ideal dipasang pada area area outdoor.

Jenis Produk Lantai Kayu Sintetis

1. Lantai Vinyl

lantai kayu sintetis - lantai vinyl

Vinyl merupakan lantai kayu sintetis yang materialnya terbuat dari berbahan PVC (Polyvinyl Chloride), sehingga ia memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Tersedia berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, sampai motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid. Adapun mengenai beberapa tipe lantai vinyl yang tersedia di pasaran seperti berikut :

  • Lantai Vinyl Plank
  • Lantai Vinyl Tile
  • Lantai Vinyl Roll
  • Lantai Vinyl Click

2. Lantai SPC

lantai kayu sintetis - lantai spc

Selain vinyl, lantai SPC ini juga merupakan salah satu jenis lantai kayu sintetis yang memang tidak pernah sepi dari pembeli.

Istilah SPC itu sendiri merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang mana materialnya terdiri dari gabungan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Sehingga tak heran, jika kualitas lantai SPC ini lebih unggul dari lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bukan hanya itu, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

3. Lantai Laminate

lantai kayu sintetis - lantai laminated

Lantai kayu laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Pada umumnya, lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Sebenarnya masih banyak lagi jenis produk lantai kayu yang belum dibahas. Nah, untuk mengetahui tentang kelengkapan informasi produk lantai kayu, silahkan kunjungi : Daftar Harga Lantai Kayu Terbaru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *