Ketahui juga perbedaan jenis lantai kayu dan decking

Perlu anda ketahui ada juga perbedaan dari masing-masing olahan kayu. Disini kami akan menjelaskan perbedaan antara lantai kayu dan decking. Dari setiap masing-masing jenisnya memiliki perbedaan dan penerapannya oleh karena itu untuk memilih olahan kayu harus memahami juga kegunaan dan tempat penerapannya yang akan diaplikasikan pada bangunan rumah anda, sehingga bangunan rumah anda akan tampil lebih mewah dan menawan.

Adapun penggunaan bahan jenis kayu yang dijadikan lantai kayu dan decking seperti jenis kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling, kayu bengkirai, kayu keruing dan kayu ulin.

Dari jenis-jenis kayu tersebut termasuk kategori jenis kayu keras dengan mempunyai tingkat keras kelas I dan keawetan kelas II. Tak heran jenis kayu tersebut sering dipergunakan sebagai olahan lantai kayu dan decking.

Lantai kayu

Lantai kayu atau biasa disebut juga parket flooring yang berbahan dasarnya dari olahan kayu langsung dengan kualitas yang baik dan sudah memenuhi syarat SNI.

Lanati kayu memiliki ukuran sekitar 1,2 x 5 x 20cm up – 1,5 x 9 x 30-90cm up.

Dari jeni lantai kayu dan decking tidak terlalu banyak yang membedakan karena jenis tersebut sama-sama menggunakan kayu yang berkualitas baik dari segi keras dan awet.

Untuk lantai kayu mempunyai ragam jenisnnya, yaitu :

  1. Parket solid
  2. Parket laminate
  3. Parket engeered

Untuk bahan kayui yang digunakan pada lantai kayu biasanya menggunakan jenis kayu jati dan kayu merbau karena mempunyai warna yang khas dan cocok digunakan menjadi lantai kayu.

Untuk jenis lantai kayu jati terbagi menjadi 3 yaitu :

Kayu jati grade A,B,dan C
  • Lantai kayu jati grade A
  • Lantai kayu jati grade B
  • Lantai kayu jati grade C

Adapun perbedaan dari jenis-jenis Lantai kayu jati grade A, grade B, dan grade C yaitu :

Lantai kayu jati grade A mempunyai kualitas yang paling baik dibandingkan dari kelas lantai kayu jati lainnya dan mempunyai warna kayu yang lebih tua.

Lantai kayu jati grade B memiliki perpaduan warna antara coklat dan putih atau warna coklat muda.

Lantai kayu jati grade C memiliki warna yang dominan putih dari keseluruhan kayunya, jika bangunan rumah anda bertemakan cerah jenis ini cocok untuk dipergunakan.

Untuk jenis lantai kayu Merbau tidak terlalu banyak jenisnya dan mempunyai tingkat kualitas yang sama dengan lantai kayu jati .

Decking

Jenis Decking Kayu

Decking biasa digunakan pada area outdoor karena memiliki karakteristik dari ukuran yang lebih tebal dan di ambil dari jenis kayu yang berkualitas baik seperti kayu ulin, kayu merbau, kayu keruing dan kayu bengkirai. Dari masing-masing jenis kayu tersebut memiliki ketahanan dan keawetan kelas I dan kelas II sehingga cocok dipergunakan pada area outdoor karena tahan terhadap perubahan cuaca yang buruk, tak heran jenis decking biasa dipergunakan pada area outdoor seperti area tepi kolam renang, pagar, dan halaman bangunan rumah.

Contoh penempatam yang dipergunakan jenis decking :

  • Kolam renang penempatannya cocok digunakan pada tepi kolam renang untuk menambah nilai keindahannya.
  • Pintu gerbang pusat utama untuk memsuki bangunan rumah anda, sehingga terkesan elegan jika dilihat dari luar area rumah anda.
  • Halaman rumah unutk menambah tampilan artistik pada bangunan rumah anda.
Penempatan yang cocok jenis decking

Dari contoh diatas sangat lah cocok unutk penempatan jenis decking di setiap tempat tersebut dan akan terlihat elgan dan mewah pada bangunan rumah anda.

Dari perbedaan lantai kayu dan decking tidak terlalu banyak yang membedakan karena sama-sama menggunakan jenis kayu yang berkualitas baik, hanya saja yang membedakan penggunaan untuk diterapkan pada bangunan rumah disesuaikan jenis olahan tersebut.

Apa keuntungan menggunakan jenis olahan kayu seperti lantai kayu dan decking bagi bangunan rumah anda ?

  • memiliki nuansa alam yang di dapat dari olahan kayu tersebut.
  • memiliki nilai seni tersendiri karena mempunyai beragam motif dan warna yang di dapat dari masing-masing jenis kayu tersebut.
  • bangunan anda menjadi tampil lebih menawan.
  • mempunyai aroma khas yang didapat dari aroma kayunya.
  • membedakan dari bangunan lain yang tidak menggunakan olahan kayu tersebut.
  • karena banyak nilai keuntungan pada bangunan rumah anda yang didapat dari olahan kayu tersebut, terlebih akan menjadi nilai investasi bagi bangunan rumah anda untuk jangka panjang.

Jadi tidak perlu diragukan lagi olahan kayu seperti lantai kayu dan decking menjadi suatu pilihan bagi bangunan rumah anda karena banyak keuntungan yang didapat terlebih menciptakan nilai seni, nuansa alam, tampil lebih mewah dan membedakan dari bangunan lainnya yang tidak menggunakan olahan bahan kayu tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *