Pemanfaatan Kayu Sonokeling Sebagai Lantai Kayu

Membangun sebuah rumah pastinya impian bagi setiap orang terlebih jika tampilannya terdapat keindahan tersendiri dan disaat mempergunakannya dapat membuat nyaman bagi anda itulah cita-cita dalam membangun sebuah rumah bukan ?.

Oleh sebab itu bagi anda yang ingin membangun sebuah hunian serperti itu. Perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan bakunya, seperti salah satu contohnya dalam penggunaan bahan baku penutup lantai.

Untuk bahan baku penutup lantai sendiri tentunya memiliki ragam jenis dan dibedakan dari bahan dasar yang dipergunakan dalam pembuatannya, seperti jenis lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari kayu. 

Jenis lantai yang satu ini mungkin terdengar sudah tidak asing lagi bukan. Ya, sebab lantai kayu kini menjadi tren dalam penggunaan untuk menambah hiasan interior rumah dengan beragam motif-motif kayu yang dimiliki pada permukaannya.

Perlu anda ketahui ternyata terdapat jenis lantai kayu dengan memiliki tampilan corak dan warna bernilai seni tinggi, memang hampir semua jenis-jenis lantai kayu terdapat nilai seninya namun untuk jenis yang satu ini bisa dikatakan cukup menarik bahkan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan jenis lantai kayu lainnya, yaitu jenis lantai kayu sonokeling.

Lantai kayu sonokeling ini disebut-sebut memiliki kualitas yang hampir setara dengan lantai kayu jati sehingga menjadikan jenis yang satu ini mulai banyak dilirik dalam kebutuhan penggunaan sebagai penutup lantai rumah.

Dalam penggunaannya lantai kayu sonokeling sangat cocok bagi bangunan dengan tampilan rumah yang bertemakan gelap sehingga menghasilkan tampilan yang elegan.

Dengan demikian hasil dari penggunaan lantai kayu sonokeling dapat menjadikan bangunan rumah terkesan artistik juga elegan.

Apalagi bagi anda yang menyukai atau memiliki selera warna tersebut akan terasa pas dan cocok dalam penggunaannya.

Berikut untuk jenis-jenis produk lantai kayu sonokeling yang bisa anda pergunakan. simak penjelasan yang satu ini.

Produk lantai kayu sonokeling

Terdapat 2 jenis produk yakni flooring dan parquet. Dari kedua jenis tersebut merupakan produk lantai kayu sonokeling yang dipergunakan sebagai penutup lantai.

Hanya saja yang membedakan, dapat dilihat dari ukuran dan harga yang dimilikinya, seperti :

Flooring kayu sonokeling

Flooring Sonokeling Grade B, dengan spesifiksai warna hitam sekitar 80% dan ada polet putih di kisaran 20%. inilah yang menjadikan tampilannya elegan.

Flooring sonokeling memiliki ukuran dengan tebal 1,5 cm, lebar 9 cm, dan panjang 30-90 cm. Dengan harga yang dimilikinya yaitu Rp. 430.000

Parquet kayu sonokenling

Parquet sonokeling, dimana lantai kayu sonokeling ini memiliki warna hitam terang sempurna dengan serat yang unik.

Parquet sonokeling memiliki ukuran dengan ketebalan 1,2 cm, lebar 4,5 cm, dan panjang 19-30 cm. Untuk parquet sonokeling ini bisa anda miliki dengan dibandrol harga Rp. 220.000.

Dalam penggunaan parquet ini dapat memberikan tampilan rumah anda jauh lebih indah dari yang sebelumnya asalkan sesuai dengan peruntukannya.

Itulah olahan lantai kayu dari yang dihasilkan dari kayu sonokeling. Dengan tampilan sampel nya saja sudah terlihat elegan dan unik dan tentunya didalam benak pikiran anda pasti sudah membayangkan bagaimana bagus dan menarikanya apabila lantai kayu sonokeling ini dipasang sebagai penutup lantai rumah anda. 

Bagi anda yang belum mengetahui lebih dalam tentang pohon sonokeling. Oke disini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai asal muasal pohon sonokeling dan juga spesifikasi yang dimilikinya. Berikut penjelasannya.

Karakteristik Pohon Sonokeling

Pohon sonokeling dengan nama lain sonosungu merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa. Kayu sonokeling mempunyai tampilan eksotis dan tidak kalah indahnya dengan kayu jati dan kayu merbau yang sudah dikenal luas.

Tahukah anda bahwa untuk kayu sonokeling ini mulai susah untuk dijumpai dengan demikian pula pastinya memiliki harga yang cukup tinggi, agar lebih jelasnya lagi mari kita simak penjelasan yang satu ini.

Pertumbuhan yang dimiliki pohon sonokeling

pohon sonokeling menyukai tanah yang dalam dan lembap oleh sebab itu pohon sonokeling dapat tumbuh dengan baik jika memiliki ketinggian dibawah 600 mdpl dengan curah hujan sekitar 750-5.000 mm selain itu juga pohon sonokleing dapat tumbuh dengan tinggi 20 – 40 m dan berdiameter 150 cm. 

Daya Tahan Dan Keawetan Hasil Dari Pohon Sonokeling

Kayu sonokeling memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II oleh sebab itu juga kayu sonokeling termasuk jenis golongan kayu keras seperti kayu jati dan kayu merbau.

Tampilan Warna Dan Motif Pohon Sonokeling

Memiliki warna coklat gelap dan memiliki corak garis-garis hitam dengan tekstur halus mengkilap sehingga kayu sonokeling banyak dipergunakan oleh para pengrajin untuk dijadikan olahan bahan furniture

Selain itu juga kayu sonokeling memiliki beberapa keunggulan tidak diherankan lagi karena termasuk jenis golongan penghasil kayu keras dan memiliki daya pikat yang lebih seperti mempunyai warna dan motif khas yang terdapat dari kayu sonokeling.

Keunggulan yang dimiliki dari kayu sonokeling :

  • Memiliki tingkat kekersan kelas I dan keawetan kelas II sehingga dapat dipergunakan untuk bahan furniture dengan pemakaian dalam waktu jangka panjang.
  • Kayu sonokeling tahan terhadap rayap dan pelapukan.
  • Kayu sonokeling memiliki warna hitam keungu-unguan  sehingga membuat tampilan indah.
  • Kayu sonokeling memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu jati dan kayu merbau.
  • Memiliki tekstur yang halus sehingga dapat mempermudah untuk mengolahnya.

Dengan keunggulannya tersebut, kayu Sonokeling layak dianggap sebagai kayu mewah dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bahkan kualitasnya dianggap hampir menyamai kayu Jati dan kayu merbau. Sehingga kayu jenis ini kerap dipakai dalam industri mebel, kerajinan tangan, dan pembuatan lantai untuk bangunan rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *