Pohon Ulin Ternyata Memiliki Banyak Manfaatnya

Indonesia merupakan salah salah satu negara kepulauan terbesar di Dunia dan dijuluki juga sebagai paru-paru Dunia karena kaya akan alam dan tetap terjaganya hutan-hutan di berbagai Pulau Indonesia.

Mengapa disebut sebagai paru-paru Dunia ?…..

Karena memiliki pulau terbesar di Dunia dengan memiliki habitat tumbuhan yang beragam dan tetap terjaganya kelestarian alam sehingga Indonesia dijuluki sebagai paru-paru Dunia.

Terlepas dari itu, Indonesia banyak sekali menghasilkan jenis-jenis kayu keras yang berkualitas baik dari segi ketahanan dan keawetannya sebagai contoh salah satu jenis kayu keras yaitu kayu ulin.

Oke, disini kita akan menjalaskan mengeanai kayu ulin yang memiliki ragam manfaat yang dihasilkannya.

Karakteristik kayu Ulin

Pohon ulin dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh didataran yang memiliki ketinggian 400 mdpl dan memiliki curah hujan sekitar 2500-4000 mm/Tahun. Kayu ulin merupakan jenis kayu asli indonesia dapat dijumpai di daerah Sumatra dan Kalimantan

Pertumbuhan

Kayu ulin termausk jenis tumbuhan yang memiliki kualitas yang baik dengan memiliki tinggi pohon sekitar 30-35 m dan berdiameter 60-120 cm dengan memiliki batang pohon yang lurus.

Ketahanan dan keawetan

Kayu ulin memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas I sehingga memiliki julukan sebagai kayu besi dengan mempunyai kualitas yang baik.

Tampilan

Memiliki tekstur yang kasar dan kuat selain itu juga memiliki tampilan yang indah sehingga banyak dimanfaatkan sebagai olahan furniture.

Dengan memiliki karakteristik yang meliputi pertumbuhan, ketahanan, dan tampilannya. Pohon ulin juga memiliki kelebihan dan kekurangannya diantaranya yaitu :

Kelebihan Kayu Ulin :

  • Memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas I.
  • Tahan dari rayap.
  • Tahan akan perubahan cuaca yang buruk.
  • Tahan akan terjadinya pelapukan.
  • Memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kekurangan Kayu Ulin :

  • Mulai susah untuk didapat karena tingginya akan penggunaan kayu ulin dan memiliki pertumbuhan yang lama.
  • Harga yang lumanyan tinggi.

Manfaat bagi kesehatan

Pohon ulin memiliki manfaat kesehatan bagi kehidupan manusia dengan memiliki buah yang terdapat dari pohonnya dan memiliki khasiatnya yaitu dapat mengobati bengkak, menghitamkan rambut, dan mengindari dapat menghindari tumbuhnya uban.

Adapun cara pengolahannya untuk dijadikan obat tradisional, dengan cara sebagai berikut :

  1. Mengambil biji yang terdapat di dalam buahnya.
  2. Mengeringkan biji yang sudah dipilah.
  3. Menyiapkan minyak kelapa.
  4. Lalu mencampurkannya dengan biji dari buah ulin tersebut setelah itu baru bisa dipergunakan.

Untuk obat herbalnya bisa kita jumpai di daerah kalimantan yang biasa penduduknya menggunakan olahan buah biji ulin.

Manfaat bagi ekologi sekitarnya

Dengan memiliki akar yang baik dan mampu menyimpan cadangan air pada pohon ulin terlebih memiliki tingkat daya resap yang baik sehingga dapat mencegah terjadinya erosi tanah yang disebabkan tingginya curah hujan pada lingkungan sekitarnya.

Digunakan sebagai bahan baku kontruksi

Kayu ulin juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi seperti digunakan sebagai bantalan rel kereta api karena memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang berkualitas baik sehingga sangat cocok dipergunakan sebagai bantalan rel kereta api terlebih penggunaannya sendiri dapat dipergunakan jangka panjang.

Selain itu juga kayu ulin ternyata dipergunakan oleh masyarakat jawa sebagai bangunan rumah tradisional atau disebut juga rumah joglo.

Digunakan sebagai bahan baku furniture

Selain bagi kesehatan dan bahan baku kontruksi jenis kayu ulin juga dapat dipergunakan sebagai bahan baku olahan furniture seperti kerajinan tangan, mebel, dan bisa juga digunakna sebagai lantai pada bangunan rumah.

Nah, yang menarik disini ternyata dapat dipergunakan sebagai lantai pada bangunan rumah. Oke disini kita akan jelaskan sedikit mengenai kayu ulin yang dapat diolah sebagai lantai pada bangunan rumah.

Untuk lantai kayu ulin sendiri dipergunakan sebagai penambah interior pada bangunan rumah karena memiliki tampilan yang indah dan terkesan mewah bagi penggunannya.

Lantai kayu ulin memiliki beberapa jenisnya yaitu :

Decking kayu ulin

Decking kayu ulin merupakan jenis olahan lantai kayu yang biasa dipergunakan pada bangunan rumah dan ditempatkan di area outdoor seperti ditempatkan pada area tepi kolam renang dan halaman rumah.

Decking kayu ulin memiliki kualitas yang baik dan sangat cocok dipergunakan pada bangunan rumah selain itu juga untuk jenis decking kayu ulin sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan sehingga tidak dihawatrikan lagi untuk penggunaannya.

Lambersering / palfon kayu ulin

Lambersering/plafon kayu ulin biasa digunakan sebagai penutup atap pada bangunan rumah selain memiliki tampilan yang indah dan elegan, untuk jenis lambersering kayu ulin memiliki tingkat keamanan yang baik, ya tidak di herankan lagi karena kayu ulin sendiri memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas I sehingga dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *