Di Balik Keindahan Dari Lantai Kayu Merbau

 Lantai Kayu Merbau — Negara Indonesia merupakan negara kepuluan terbesar dan terluas di dunia dan masih terjaga kelestarian alamnya. Berbagai macam tumbuhan bisa kita jumpai, terlebih manfaat tumbuhannya pun dapat dimanfaatkan berbagai macam keutuhan.

Hutan di wilayah Indonesia ini sangat lah luas dan melahirkan tumbuhan-tumbuhan yang beragam, hampir setiap jenis tumbuhan yang kita kenal terdapat dan tumbuh subur di Indonesia ini.

Salah satu tumbahan yang memiliki manfaat seperti pohon jati, pohon ulin, pohon merbau, dan jenis pohon lainnya. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas jenis tumbuhan yaitu pohon merbau.

Pohon merbau adalah salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai banyak sekali manfaatnya. Manfaat apakah itu ?. Namun sebelum kita mengetahui manfaat yang dihasilkan dari pohon merbau, mungkin yang pertama perlu kita bahas adalah lebih mengenal si pohon merbau ini. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak ulasan yang satu ini.

Mengenal Pohon Merbau

Pohon merbau atau istiah lainnya yaitu Ipil merupakan tumbuhan yang tinggi mencapai 50m dengan batang bebas cabang mencapai 20m dan berdiameter mencapai 250 cm.

Masyarakat di wilayah Papua menyebut kayu ini dengan julukan Kaki Besi, sebab kayu ini memiliki kualitas yang cukup tinggi. Dapat dilhatnya dari tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II

Kayu merbau ini mulai populer berkat kualitasnya, maka tak heran jika penggunaan kayu ini sering kali di dimanfaatkan berbagai macam olahan.

Jika dilihat dari tampilannya kayu merbau ini terdapat pada warnanya yang unik, yaitu warna coklat kemerah-merahan. Sehingga bagi sebagian orang tidak melewatkan jenis kayu yang satu ini sebagai bahan baku dengan tampilannya yang indah.

Tidak semua jenis kayu dapat diolah sebagai bahan baku kontruksi atau pun pemanfaatan lainnya, hanya jenis kayu keras lah yang memiliki syarat-syarat, seperti :

  • Tahan dari serangga seperti rayap.
  • Tahan dari perubahan cuaca yang buruk dan tahan dari kelembapan udara.
  • Memiliki serabut yang padat dan juga tingkat kekerasan yang dimilikinya pun ketegori kelas I serta keawetannya kelas II.
  • Jenis kayu harus memiliki batang yang lurus, bertujuan untuk pada saat diolah memiliki kemudahan.

Dari syarat-syarat tersebut untuk jenis kayu merbau sudah memenuhi kriterianya. Sehingga tidak heran, hasil dari pohon merbau memiliki banyak manfaatnya, salah satu contohnya seperti penjelasan dibawah ini.

Manfaat yang dihasilkan dari pohon merbau bagi kesehatan

Minyak dari pohon merbau juga dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Bahan obat ini diperoleh dari substansi minyak dan daun merbau yang diproses dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan buah pinang tua.

Manfaat yang dihasilkan dari kayu merbau sebagai bahan baku Furniture

Kayu merbau, bagi para pengrajin kayu sering sekali memanfaatkannya sebagai bahan baku pembuatan furniture seperti lemari, bangku, meja, dan lain sebagainya.

Karena Sifatnya yang memiliki tampilan menarik dan daya tahan sangat baik sehingga tidak heran jenis kayu yang satu ini kerap dimanfaatkan juga seperti kayu jati.

Pemanfaatan yang dihasilkan dari kayu merbau sebagai penutup lantai

Pemanfaatan lainnya dari kayu merbau yaitu sebagai bahan material penutup lantai, sebab kayu ini memiliki warna yang unik yang tampak terlihat elegan ketika sudah terpasang. Sangat cocok bagi anda yang suka dekorasi rumah yang bernuansa alami.

Lantai kayu merbau yaitu jenis penutup lantai yang memiliki tampilan yang estetik, pada permukaan lantai kayu terdapat warna dan motif yang cukup indah.

Biasanya lantai kayu merbau sering dipergunakan bagi sebagian orang yang menginginkan tampilan rumahnya terlihat lebih sempurna. Hal ini bertujuan selain dari sisi tampilannya melainkan pada saat dipergunakan pun nyaman.

Bagi anda yang belum mengetahui jenis-jenis lantai kayu merbau, disini saya akan memberikan informasi penting bagi anda mengenai jenis lantai kayu merbau dan harga yang dimiliki, berikut penjelasannya.

Lamparquet Kayu Merbau

Lamparquet Kayu Merbau

Yang pertama yaitu jenis lamparquet kayu merbau merupakan jenis lantai kayu dengan pengolahan yang diambil dari potongan jenis flooring.

Akan tetapi walaupun diambil dari sisa potongan flooring tidak perlu dihawatirkan dari segi kualitasnya karena sudah memenuhi syarat SNI untuk digunakan sebagai lantai kayu.

Lamparquet kayu merbau merupakan jenis lantai kayu yang memiliki ukuran yang lebih kecil dengan ketebalan 1 cm, lebar 5 cm, dan panjang 20-60 cm, harga yang dimilikinya pun relatif terjangkau yaitu Rp. 190.000/m2.

FJL Unfinish Kayu Merbau

FJL Unfinish Kayu Merbau

Fjl unfinish kayu merbau digunakan juga sebagai penutup lantai pada bangunan rumah dengan memiliki  corak yang indah dan memiliki lapisan anti gores pada permukaannya sehingga fjl unfinish mempunyai kualitas baik.

Fjl unfinish memiliki beberapa ukuran dengan tebal 1,5 cm, lebar 15 cm ,dan panjang 180 cm. Untuk harga yang dimiliknya sekitar Rp. 350.000/m2.

Flooring Kayu Merbau Standar

Flooring Kayu Merbau Standar

Flooring merbau standar memiliki ukuran yang cukup ideal dari segi ketebelan, lebar, dan panjang yaitu 1,5 x 9 x 30-90 cm. Untuk harganya sendiri sekitar Rp. 420.000/m2

Flooring merbau ini memiliki fitur pengunci yang dinamakan T&G, tujuan fitur ini yaitu pada saat pemasangan lantai seabagi pengunci pada bagian sisinya yang ditempelkan dengan lantai lainnya. Sehingga memiliki kerapatan yang presisi.

Flooring Kayu Merbau Jumbo

Flooring Kayu Merbau Jumbo

Flooring merbau jumbo sama halnya dengan flooring merbau standar, hanya saja yang membedakan dari segi ukurannya, untuk tampilan dan kegunaannya memiliki fungsi yang sama dengan jenis flooring merbau lainnya. Untuk ukuran yang dimilikinya dengan tebal 1,5 cm, lebar 14 cm, dan panjang 30-75 cm. Tentunya untuk harga yang dimilikinya pun lebih tinggi dari flooring standar, berkisar Rp. 450.000/m2

Dalam penerapannya untuk fooring jumbo sangat cocok dipergunakan bagi rumahnya memiliki ukuran yang luas sehingga dapat menyesuaikan ukuran pada bangunan rumah tersebut.

Flooring Kayu Merbau UV Coating

Flooring Kayu Merbau UV Coating

Flooring UV Coating kayu merbau, yang dimana jenis memiliki fitur pada permukaannya yaitu lapisan ( coating ), tujuannya adalah dalam proses pemasangannya flooring mebau uv coating tidak melakukan tahap finishing sebab semua itu sudah di desain dari awal sehingga dapat mempermudah dalam proses pemasangannya.

Dengan ukuran tebal 1,5 cm, lebar 9 cm, dan panjang 30-90 cm. Di bandrol dengan harga yaitu Rp. 520.000/m2

Decking Kayu Merbau ( lantai kayu outdoor )

Decking Kayu Merbau

Yang terakhir yaitu jenis Decking kayu merbau nerupakan jenis lantai kayu yang biasa digunakan pada area outdoor seperti area tepi kolam renang dan halaman rumah.

Decking kayu merbau didesain agar mampu bertahan dari perubahan cuaca yang buruk dan tahan dari paparan sinar matahari.

Terlebih jenis ini memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan jenis lainnya dan pastinya juga harga yang dimilikinya ralatif cukup tinggi yaitu dengan ukuran 1,9 x 9 x 90-390 cm, dibandrol dengan harga Rp. 450.000/m2.

Jika kita flasback dari penjelasan diatas hasil dari kayu merbau tentunya memiliki hasil yang sempurna, seperti halnya lantai kayu yang dapat membuat suasana rumah terkesan lebih elegan dan nyaman saat dipergunakan.

Itulah penjelasan mengenai dibalik keindahan lantai kayu merbau, bagi anda yang telah mengikuti artikel ini samapi selesai semoga bermanfaat bagi anda, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *