Ternyata!!! jenis decking kayu ini cocok untuk tepi kolam renang

4-Jenis-Decking-Kayu

Penggunaan decking kayu biasanya diterapkan pada area outdoor seperti halaman rumah, dinding rumah, pagar, dan sebagai lantai tepi kolam renang.

Dalam hal ini decking kayu memang dianggap memiliki kualitas yang baik terlebih untuk penerapannya sendiri memiliki tampilan yang indah dan menarik untuk dilihat.

Akan tetapi dalam penggunaan decking sendiri terutama diaplikasikan area tepi kolam renang memang dianggap hal penting sebab bisa dikatakan dapat membuat aman bagi penggunannya.

Mengapa demikian ?.. Decking kayu merupakan jenis olahan lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari jenis-jenis penghasil kayu keras dan juga memiliki tingkat daya tahan yang baik terhadap tahan dari perubahan cuaca yang buruk, tahan rayap, dan tahan dari paparan sinar matahari.

Untuk keamanannya sendiri terdapat dari permukaannya yang memiliki serat garis lurus yang berguna sebagai pijakan kaki agar kesat sehingga dengan begitu pada saat dipergunakan di area tepi kolam renang tidak hawatir akan licinnya.

Ada yang tahu tidak, ternyata ada juga loh beberapa jenis decking kayu yang cocok dipergunakan pada area tepi kolam renang, untuk lebih lanjutnya simak ulasan yang saya berikan sebagai berikut.

Jenis-jenis decking kayu yang cocok untuk tepi kolam renang

Dalam hal memilih jenis decking yang dipergunakan pada area tepi kolam renang memiliki beberapa jenisnya berdasarkan jenis kayu yang dipergunakan, seperti :

1. Decking kayu ulin

Yang pertama untuk mempergunakan decking kayu yang cocok pada area tepi kolam renang. Anda bisa menggunakan jenis dari kayu ulin karena selain memiliki tampilan yang indah jenis kayu ulin memiliki kualitas yang bisa dikatakan paling baik dari jenis lainnya.

Karakteristik kayu ulin

Kayu ulin merupakan tumbuhan jenis kayu hutan tropikal basah yang tumbuh secara alami yang terdapat di wilayah Indonesia dan berada di daerah  Sumatera Selatan dan Kalimantan. Kayu ulin mempunyai tinggi 50 m dan berdiameter 120cm juga mempunyai tekstur yang kasar dan keras dengan memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas I, tidak heran kayu ulin biasa disebut sebagai kayu besi dengan mempunyai kualitas baik dari segi kekerasan dan keawetannya. 

Dengan begitu tidak diherankan lagi bukan akan kualitas yang dimiliki decking kayu ulin sendiri sehingga sangatlah cocok untuk dipergunakan pada area tepi kolam renang.

Decking kayu ulin memiliki ukuran 1,9 cm x 9 cm x 300 – 400cm

2. Decking kayu merbau

Decking kayu merbau

Yang kedua decking kayu merbau bisa menjadi pilihan lain untuk penggunaan penutup lantai area tepi kolam renang. Decking merbau memiliki tampilan yang indah yang terletak pada warna coklat merah pada permukaannya.

Karakteristik kayu merbau

Kayu merbau merupakan tumbahan yang tersebar didaerah Maluku dan Papua barat. Kayu merbau bisa disebut juga sebagai kayu besi karena memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas II, untuk pohon merbau sendiri mempunyai tinggi 40 m dan berdiameter 200 cm dengan memiliki ciri fisik tekstur yang kasar dan permukaan yang halus juga mempunyai serat yang lurus.

Akan tetapi tidak dipungkiri juga mengenai decking merbau ini yang memiliki kelemahannya, terdapat dari kayunya yang mengeluarkan getah jika terkena air dan jika tercampur dengan air kolam renang dapat membuat keruh terlebih getah tersebut susah sekali untuk dihilangkan.

Oleh sebab itu sebelum pemasangan decking kayu merbau, diperlukan tahap penjemuran terlebih dahulu untuk beberapa hari dan juga perlu disiram dengan air disaat pagi dan sore hari gunanya untuk mengeluarkan getahnya sehingga dengan begitu barulah anda bisa menggunakannya yang ditempatkan pada area tepi kolam renang.

Decking kayu merbau memiliki ukuran 1,9 cm x 14 cm x 100 – 360 cm up

3. Decking kayu keruing

Decking kayu keruing

Decking kayu keruing bisa dikatakan memiliki nilai unggul yaitu dari segi harganya yang memiliki harga cukup terjangkau atau dibawah dari harga decking ulin dan decking merbau.

Memang tidak dipungkiri lagi dengan jenis harga yang terjangkau tersebut pastinya jenis decking keruing memiliki kualitas dibawah dari decking ulin dan decking merbau. Akan tetapi jika dilihat dari sisi positifnya jenis ini tidak kalah baiknya memiliki tampilan yang indah dengan jenis decking lainnya.

Karakteristik kayu keruing

Kayu keruing merupakan jenis kayu yang berkualitas baik. selain jenis kayu jati dan kayu merbau, kayu keruing juga dapat diolah menjadi bahan furniture. Kayu keruing termasuk kategori jenis kayu keras menengah dari segi ketahanan dan keawetannya. Meskipun kayu keruing termasuk kategori jenis kayu menengah akan tetapi tidak mengurangi nilai kualitas dari golongan kayu keras karena proses pengolahannya dikerjakan  menggunakan alat yang modern dan pengerjaannya dikerjakan oleh tenaga profesional.

Decking kayu keruing memiliki ukuran 1,9 cm x 9 cm x 100 – 390 cm

4. Decking kayu bengkirai

Decking kayu bengkirai

Dan yang terakhir ada dari jenis decking kayu bengkirai yang memiliki tampilan cerah dengan didominasi dengan warna kuning, bagi anda yang belum mengetahui jenis ini, kenali dulu tentang karakteristik yang dimiliki, sebagai berikut ini.

Karakteristik kayu bengkirai

Kayu bengkirai tersebar luas di daerah Kalimantan dengan memiliki ketinggian hingga 40 m dan berdiameter mencapai 120 cm disamping itu juga dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh di ketinggian 600 mdpl dengan curah hujan yang baik.

Kayu bengkirai memiliki tingkat ketahan kelas I dan tingkat keawetannya kelas II mungkin setara dengan kayu jati.

Memiliki warna batang kayu coklat muda kekuningan dengan memiliki tekstur dari halus hingga kasar dan memiliki batang serat yang lurus sehingga jenis kayu keruing memiliki tampilan yang indah.

Decking kayu bengkirai memiliki ukuran 1,9 cm x 9 cm x 180 – up cm

Itulah beberapa jenis decking kayu yang dianggap cocok untuk dipergunakan pada area tepi kolam renang, dengan memiliki beberapa jenisnya dapat memudahkan bagi anda bukan, dalam hal memilih untuk diaplikasikan pada bangunan rumah anda.

Adapun keunggulan yang dimiliki decking kayu seperti :

  • Mempunyai tampilan yang indah didapat dari corak dan warna kayunya.
  • Dapat membedakan atau memiliki ciri khas tersendiri untuk kolam renang anda.
  • Aman saat dipergunakan karena tekstur pemukaan yang kesat sehingga tidak licin.
  • Memiliki daya tahan yang bisa dikatakan berkualitas baik sehingga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.
  • Dapat menambah harga jual rumah anda karena penggunaan jenis kayu keras.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *