Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Terjaga Nilai Keindahannya

Penggunaan lantai kayu pada bangunan rumah dapat memberi keindahan dan nilai estetika yang didapat terlebih penggunaannnya sendiri memang dijadikan sebagai penambah interior pada bangunan rumah.

Bagi anda yang menggunakan lantai kayu terlebih menginginkan bangunan rumah anda tetap terjaga nilai keindahannya. Perlu anda perhatikan dalam merawat lantai kayu pada bangunan rumah anda.

Agar tetap terjaga nilai keindahan dan estetikanya pada bangunan rumah, berikut kami berikan tips-tips untuk merawat lantai kayu pada bangunan rumah.

Penggunaan barang-barang

penggunaan barang-barang

Anda perlu memilih benda-benda yang tidak memiliki ketajaman pada permukaan bawahnya dan memilih benda yang mempunyai berat yang ringan untuk ditempatkan di area lantai kayu karena jika salah menempatkan barang-barang maka akan menyebakan kerusakan atau goresan pada permukaan lantai kayu sehingga membuat lantai kayu akan terlihat kurang indah untuk dilihat.

Menggunakan karpet

menggunakan karpet

Jika anda memiliki penggunaan barang di ruangan yang menggunakan lantai kayu dan hawatir dapat merusak permukaan lantai kayu, anda dapat menggunakan karpet dan meletakan di benda yang dapat membuat kerusakan pada lantai kayu.

Untuk lantai kayu sendiri dibilang sangat cocok untuk perpaduan dengan karpet karena lantai kayu memiliki nilai artistik tersendiri yang dapat menyesuaikan dengan tema atau benda-benda pada bangunan rumah anda.

Hindari air

hindari air

Jika lantai kayu pada bangunan rumah anda terkena air segera keringkan menggunakan kain kering agar tidak menyebabkan terjadinya pelapukan atau tumbuhnya jamur karena lantai kayu tidak memiliki sifat ketahanan dari air.

Selain itu juga untuk menjaga pemakaian jangka panjang pada bangunan rumah anda agar tetap menjaga kualitas warna dan motif pada lantai kayu.

Membersihkan menggunakan sapu / vacuum

membersihkan lantai kayu

Jika lantai kayu terkena noda dan debu anda bisa memebersihkannya dengan menggunakan sapu atau bisa juga menggunakan vacuum yang berdaya rendah.

Dengan membersihkan lantai kayu secara rutin pada bangunan rumah anda akan tetap terjaga nilai-nilai keindahannya.

Selain itu juga dengan membersihkan lantai kayu secara rutin dapat menjaga kesehatan bagi anda karena jika anda tidak membersihkan secara rutin akan munculnya kuman atau bakteri yang menempel pada permukaan lantai kayu dan tidak bagus bagi kesehatan anda.

Membersihkan dengan cairan khusus

menggunakan caira khusus

Nah, selain memebersihkan noda dan debu yang menempel pada permukaan lantai kayu jika terkena noda yang susah untuk dihilangkan pada permukannya jangan hawatir, anda dapat membersihkannya menggunakan cairan khusus pembersih lantai kayu yang bisa ditemukan di berbagai toko-toko perlengkapan material bangunan rumah.

Menggunakan Varnish / Cat ulang

menggunakan varnish

Biasanya bila penggunaan lantai kayu yang sudah memakan waktu yang lama atau kurangnya untuk memperhatikan perawatan lantai kayu maka akan terjadinya warna pada permukaan lantai kayu menjadi kusam dan tidak begitu enak untuk dilihat.

Bagi anda tidak perlu hawati mengenai warna lantai kayu pada bangunan rumah anda menjadi kusam, caranya anda bisa membeli cairan varnish untuk kayu dan mengoleskan pada permukannya.

Untuk proses mengecatan ulang ini biasanya pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama karena harus memindahkan barang-barang terlebih dahulu, memang proses ini dibilang merepotkan akan tetapi bila sudah selesai pemolesan lantai kayu pada bangunan rumah anda akan terlihat seperti baru kembali bahkan nilai-nilai keindahannya pun bertambah.

Dengan merawat lantai kayu pada bangunan rumah anda dan sering untuk memperhatikan kebersihannya maka akan selalu tampil estetika, natural, dan memiliki keindahan tersendiri sehingga dapat membuat nyaman bagi anda pada saat sedang bersantai atau juga beristirahat dengan megunakan lantai kayu yang terjaga kualitasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *